Pemanfaatan Cerita Rakyat Berbasis Media Audio Visual sebagai Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV SDN 205 Palembang

Authors

  • Sitti Fatima Universitas PGRI Palembang Author
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang Author
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang Author

Keywords:

cerita rakyat, media audio visual, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pentingnya pendidikan karakter dalam meningkatkan kepribadian siswa. Salah satu cara untuk mengajarkan pendidikan karakter adalah melalui media audio visual. Cerita rakyat merupakan sumber yang kaya akan nilai-nilai pendidikan karakter, seperti keagamaan dan moral. Sub fokus pada penelitian ini adalah bagaimana cerita rakyat “Sri Tanjung” dapat digunakan sebagai pendidikan karakter siswa dan bagaimana media audio visual dapat meningkatkan pendidikan karakter siswa. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D yang berjumlah 46 orang, sedangkan sampel yang diteliti adalah siswa kelas IV D yang berjumlah 25 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat sangat berperan penting dalam mendidik nilai karakter pada peserta didik khususnya siswa kelas IV. Dan dengan menggunakan media audio visual, mampu membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta memahami materi cerita rakyat yang disampaikan. Presentase menunjukkan 25 siswa telah menerapkan nilai religi dan 24 siswa telah menerapkan nilai moral yang ada pada cerita rakyat “Sri Tanjung”. Hal ini menunjukkan bahwa cerita rakyat berbasis media audio visual dapat menjadi salah satu alternatif sebagai pendidikan karakter bagi siswa.

Downloads

Published

2024-12-27