Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Nurmala Nurmala Universitas Sriwijaya Author
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya Author
  • Lilis Sri Jayanti Manulang SD Negeri 1 Palembang Author

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPAS Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Palembang Tahun pelajaran 2023/2024 . Melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan kegiatan rencana tiap siklus adalah perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VB dengan jumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes berbentuk pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada masing-masing siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus 1 sebesar 74% dengan nilai rata-rata 76. dan siklus 2 sebesar 92% dengan nilai rata-rata 80. Dari penelitian ini dapat dari penelitian ini dapat simpulkan  bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS materi melihat karena cahaya dan sifat-sifat bunyi di kelas V B SD N 1 Palembang.

Downloads

Published

2024-11-25