Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Keberagaman Sosial Budaya di Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 105 Palembang
Keywords:
LKPD, canva, keberagaman sosial budaya di IndonesiaAbstract
Abstrak dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 105 Palembang melalui media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibuat menggunakan aplikasi Canva. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan peserta didik 33 di kelas V C. Penelitian terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa metode pembelajaran yang monoton serta kurangnya sarana dan prasarana menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar. Setelah implementasi media pembelajaran yang menarik berbasis canva, hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar sebesar 83 dan persentase tingkat hasil belajar peserta didik sebesar 92%, yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi.