Pemanfaatan Multimedia pada Mata Pelajaran IPAS sebagai Paradigma Pendidikan Abad-21 di SD Negeri 241 Palembang
Keywords:
Paradigma Pendidikan, Multimedia, Kualitas Pembelajaran, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas mengenai penggunaan multimedia sebagai media pembelajaran pada peserta didik di SDN 241 Palembang. Penerapan Kurikulum Merdeka pada jenjang sekolah dasar menjadikan sebuah paradigma baru dalam pendidikan, terutama pada abad-21 saat ini. Guru diharapkan dapat melakukan pembelajaran berpusat pada peserta didik, meningkatkan keterampilan abad -21 dan pengintegrasian teknologi. Melalui paradigma Kurikulum Merdeka tersebut, diharapkan guru dapat berinovasi dalam pembelajaran, terutama pada keterampilan mengintegrasikan teknologi yang tetap berpusat pada peserta didik di setiap pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan melalui penggunaan multimedia dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPAS jenjang sekolah dasar. Pada hasil penelitian yang dilakukan menunjukan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran yang tergambar pada keterampilan guru, aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik yang meningkat sebesar 75,01 % setelah memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran IPAS kelas VB di SD Negeri 241 Palembang. Multimedia memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif, membangkitkan keterlibatan peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar sebagai paradigma Abad -21.