Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Sifat-Sifat Wajib Bagi ALLAH SWT Melalui Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas VII MTSN 1 Aceh Selatan
Keywords:
Model Contextual Teaching and Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-A MTsN 1 Aceh Selatan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya guru masih menggunakan metode konvensional dan dominasi guru dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan monoton. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTsN 1 Aceh Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTsN 1 Aceh Selatan yang berjumlah 26 siswa yang diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan rumus statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 63,46 % pada pra siklus meningkat menjadi 69,23 % pada siklus I dan meningkat menjadi 88,46 % pada siklus II. Aktivitas pembelajaran juga mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Respon siswa terhadap penggunaan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang telah digunakan oleh guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak mendapat respon yang positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan respon siswa yang setuju rata-rata 85% dan hanya 15 % yang merespon kurang setuju. Akhirnya, penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTsN 1 Aceh Selatan.Model Contextual Teaching and Learning
