Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Al-Qur’an Dan Hadits Adalah Pedoman Hidupku Di Kelas X SMKN 1 Samadua
Keywords:
Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Samadua. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya guru masih menggunakan metode konvensional dan proses pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan monoton. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Samadua. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK N 1 Samadua yang berjumlah 22 siswa yang diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Data dianalisis dengan rumus statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus nilai rata-rata diperoleh 54,09, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,81 dan pada siklus II meningkat lebih signifikan menjadi 80,68. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II yaitu ada 3 (tiga) jenis aktivitas belajar siswa yang menjadi indikator penilaian. Dimana pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya berkisar 68,33%. Sementara pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu berkisar 93,33 %. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Al-Qur’an dan Hadits adalah pedoman hidupku di kelas X SMK N 1 Samadua.
