Analisis Implementasi Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Kelas Agama di SMPN 4 Gringsing

Authors

  • Zulfah Atiqotur Rohmah UIN Walisongo Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.59613/z7ejg245

Keywords:

implementasi kurikulum, pendidikan agama islam, kelas agama

Abstract

Penelitian ini untuk mengeksplorasi implementasi model kurikulum Pendidikan Agama Islam di kelas agama SMP N 4 Gringsing melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan diperkuat dengan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model kurikulum dan pelaksanaan implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam kelas agama di SMP N 4 Gringsing. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang berbagai aspek implementasi model kurikulum Pendidikan Agama Islam kelas agama di SMP N 4 Gringsing. Observasi dan wawancara akan difokuskan pada topik-topik seperti strategi pengajaran yang digunakan, pengalaman dalam menerapkan kurikulum, serta model kurikulum yang digunakan terhadap efektivitas kurikulum dalam mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan dokumentasi memperkuat dan memberikan bukti hasil temuan dari observasi dan wawancara. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi untuk mengidentifikasi pola-pola, tema-tema, dan kesimpulan yang muncul dari observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu Implentasi Model kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di kelas agama SMP Negeri 4 Gringsing menggunakan dua model kurikulum yaitu pendekatan mutual adabtive, model tori dengan pendekatan humanistik. Sedangakan pada implementasinya menggunakan tiga tahapan mulai dari perencanaan, implentasi dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam kelas agama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan outcame atau dampak yang berharga bagi pengembangan dan perbaikan kurikulum, serta memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter dan moral generasi penerus bangsa.

Downloads

Published

2025-03-18