Media Sosial Instagram Sebagai Agen Sosialisasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Era Digital Pada Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.59613/mr11q671Keywords:
Media Sosial, Instagram, Tumbuh Kembang Anak, Era digitalAbstract
Pada era digital ini, perangkat digital sangat mempengaruhi kehidupan anak-anak. apalagi dengan munculnya media sosial Instagram, dimana media sosial ini diakses oleh berbagai kalangan pada segala usia. Hal ini menjadikan tantangan baru para orang tua di Kota Tangerang dalam mendidik dan memberikan pola asuh terbaik pada tumbuh kembang anak agar tidak menjadi hambatan untuk kedepannya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan media sosial Instagram sebagai agen sosialisasi terhadap tumbuh kembang anak di era digital pada Kota Tangerang. Dimana orang tua harus memberikan pola asuh terbaik karena mereka merupakan agen sosialisasi pertama anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode Literature dimana peneliti mengumpulkan buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat. Hasil penelitian menunjukan penggunaan media Instagram sangat membantu para orang tua pada Kota Tangerang dalam mendapatkan informasi mengenai parenting, juga membantu anak-anak memperoleh informasi melalui media sosial yang merupakan agen sosialisasi. Orang tua juga harus memberikan pengarahan mengenai media sosial ini agar tidak menimbulkan dampak buruk saja, melalui pola asuh yang mereka berikan di era digital pada tumbuh kembang anak yang menjadi tantangan para orang tua.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fadya Ayu Prihatiningsih, Datu Jatniko (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.