Keterkaitan Kegiatan Mentoring Terhadap Motivasi Belajar dan Kesehatan Mental Siswa (Studi Kasus: Siswa Kelas IX di MTs Miftahussaadah Mijen)
DOI:
https://doi.org/10.59613/05yygn19Keywords:
Mentoring, Memorization, Education, MTs Mifathussaadah, CharacterAbstract
Penulisan artikel ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memiliki semangat dan motivasi dalam belajar serta beraktivitas, terutama di lingkungan sekolah, serta kurangnya kualitas karakter baik secara verbal maupun non verbal. Sehingga menciptakan keresahan dan ketidak aturan dalam bersosial dan beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan mentoring atau biasa dikenal dengan Pendidikan karakter, terhadap motivasi belajar dan kesehatan mental siswa, serta keterkaitan antara mentoring dan 4 nilai karakter yang berupa kejujuran, empati, integritas dan kerjas keras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kualitatif, yang menggunakan berbagai Teknik yaitu wawancara, studi pustaka, dan observasi. Pengertian mentoring menurut David (2002) adalah “Suatu proses yang lebih mengarah kepada keinginan untuk saling berbagi ilmu pengetahuan khususnya kepada seseorang yang belum memiliki pengalaman sehingga meningkatkan hubungan kepercayaan diantara sesama”. Hasil penelitian yang berasal dari wawancara, studi pustaka dan observasi menunjukkan bahwa kegiatan mentoring di MTs Miftahussaadah Mijen menimbulkan berbagai macam dampak terhadap murid, guru, dan wali murid secara signifikan, khususnya secara positif. Kemudian kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah kegiatan mentoring memberikan dampak positif seperti memudahkan dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, menghasilkan siswa yang lebih berkarakter, melestarikan adat dan budaya keagamaan seperti tahlilan, membaca kitab kuning, manaqib-an, dan pembacaan teks-teks keagamaan lainnya. Selain itu proses mentoring berkaitan erat dengan nilai kejujuran, empati, integritas dan kerja keras, dan dalam prosesnya juga diperlukan kerja sama serta usaha untuk setiap anggotanya, yaitu mentor, mentee, dan orang tua.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Wijdan Rasyid Al Farisy, M Rikza Chamami (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.