Papan COCOKI Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Siswa SMP Negeri 2 Sidoharjo Sragen
DOI:
https://doi.org/10.59613/8bdsf010Keywords:
ADDIE, FLASHCARD, AKSARA JAWA, papanAbstract
Penelitian ini akan membahas media pembelajaran yang mempunyai arti cukup penting dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Jawa. Pembelajaran akan dibantu lebih baik dengan menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini membahas media pembelajaran flashcard dengan pengembangan papan “ COCOKI” sebagai perantara dalam proses belajar aksara Jawa. Media pembelajaran ini dirancang dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain R&D dengan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), pengembangan (pengembangan), implementasi (implementasi), dan evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, lembar validasi, serta angket respon. Validasi dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Dari ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 89,3% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Sementara dari ahli media diperoleh skor rata-rata 94,5% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Media papan “ COCOKI” mendapatkan respon dari siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2024/2025 sebagai pengguna, yaitu sebesar 99% yang termasuk ke dalam kriteria “sangat baik”. Proses analisis data dilakukan dari awal hingga akhir dengan mencatat, mengumpulkan data, memilah, mengklarifikasikan, menyintesiskan, membuat ikhtisar, dan membuat indeksnya. Media pembelajaran flashcard dengan pengembangan papan “ COCOKI” mendapatkan respon positif dari siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media sangat penting pada era sekarang. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan berbagai media pembelajaran yang kekinian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mistia Oktavia Raharjo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.