Implementasi Maksim Pujian dalam Prinsip Kesantunan Berbahasa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa
DOI:
https://doi.org/10.59613/c16nfy06Keywords:
Maksim Pujian, Kesantunan Berbahasa, PragmatikAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi maksim pujian dalam prinsip kesantunan berbahasa terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Sungguminasa. Penelitian ini berfokus pada tuturan yang termasuk dalam indikator maksim pujian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kels VII D SMPN 1 Sungguminasa. Data dalam penelitian ini merupakan data verbal. Data tersebut berupa tuturan siswa terhadap siswa lainnya yang menyatakan maksim pujian. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu voice recorder. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan, teknik rekam, teknik transkip, teknik catat, kemudian diseleksi, diatur, dan diklasifikasikan. Data yang telah terkumpul kemudian dianasis menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Penggunaan maksim pujian dalam prinsip kesantunan berbahasa siswa tergolong minim. Beberapa siswa cenderung hanya menjawab sesuai dengan apa yang telah tertulis tanpa memperhatikan indikator maksim pujian. Peneliti hanya memperoleh 11 (sebelas) tuturan, namun hanya 8 (delapan) tuturan yang tegolong dalam maksim pujian. Tuturan yang termasuk dalam tindak tutur ilokusi asertif hanya ada 1 (satu) tuturan, sedangkan untuk tindak tutur ekspresif memperoleh 10 (sepuluh) tuturan. Berdasarkan hal tersebut, interaksi yang terjadi termasuk kategori cukup memenuhi indikator maksim pujian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Aisya Turrachmah, Idawati Garim, Tuti Wijayanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.