Pengaruh Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Terhadap Kesadaran Situasional Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.59613/8m9wah60Keywords:
Kesadaran Situasional, Narkotika, Pelajar, Penyuluhan, Teori EndsleyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkotika terhadap kesadaran situasional pelajar di SMAN 2 dan SMAN 1 Minas, Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha sebelum penyuluhan 0,694. 0,670 dan sesudah penyuluhan 0,746. 0,713). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum penyuluhan, hubungan antara penyuluhan dan kesadaran situasional berada pada kategori cukup di SMAN 2 Minas (r = -0,676; p = 0,000) dan lemah SMAN 1 Minas (r = -0,053; p = 0,772). Namun setelah penyuluhan dilakukan, hubungan tersebut meningkat signifikan menjadi kuat dan positif, yaitu di SMAN 2 Minas (r = 0,752; p = 0,000) dan di SMAN 1 Minas (r = 0,665; p = 0,000). Temuan ini membuktikan bahwa penyuluhan efektif meningkatkan kesadaran situasional pelajar sesuai dengan teori kesadaran situasional yang dikemukakan oleh Endesley (1995), yang meliputi tahap persepsi, pemahaman, dan proyeksi. Melalui penyuluhan, pelajar tidak hanya mampu mengenali bahaya narkotika, tetapi juga memahami dampak jangka panjangnya dan memproyeksikan resiko yang mungkin terjadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Patdilah Patdilah, Fakhri Usmita (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.