Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran YouTube dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta

Authors

  • Amelia Shevi Manurung Universitas Negeri Jakarta, Indonesia Author
  • Ati Sumiati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia Author
  • Sri Zulaihati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59613/8dek7q50

Keywords:

disiplin belajar, motivasi belajar, youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh persepsi penggunaan media pembelajaran YouTube dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta. Metode survei kuantitatif digunakan dengan sampel 86 siswa yang dipilih melalui teknik probability sampling dan Simple Random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berskala Likert tertutup dan dianalisis dengan statistik deskriptif serta regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan YouTube dan disiplin belajar, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,807, yang berarti 80,7% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh kedua variabel. Model regresi (Y = 4,442 + 0,175X₁ + 0,801X₂) valid dengan memenuhi asumsi normalitas dan linearitas. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media digital dan penguatan disiplin untuk meningkatkan motivasi belajar di pendidikan vokasi.

Downloads

Published

2025-08-11