Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Anjun Anjun Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Author
  • Khoimatun khoimatun Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ma’arif Indramayu, Indonesia Author
  • Tobroni Tobroni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ma’arif Indramayu, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59613/rwr6zw09

Keywords:

Self directed learning, IPA, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model pembelajaran

Abstract

Pendidikan merupakan proses penting untuk mewariskan nilai-nilai budaya dan mengembangkan potensi peserta didik agar mencapai kedewasaan dan menjalankan tugasnya secara mandiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Dalam konteks pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningktkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran self directed learning menekankan pada keterlibatan aktif siswa secara mandiri untuk mmperoleh hasil yang sesuai. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang tepat jika diterapkan dengan model pmbelajaran mandiri, karena dapat menekankan pada kemampuan berfikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest only control group desain, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data angket dan tes, semua data tersebut untuk mengetahui efektifitas pengaruh model pembelajaran self directed learning. Berdasarkan data yang dianalisis, menunjukan bahwa untuk aktivitas belajar menggunakan uji independent sampel t test mendapatkan hasil nilai sig (2-tailed) 0,030<0,05 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil angket pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan hasil belajar mendapatkan hasil nilai sig (2-tailed) 0,013<0,05 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan untuk peningkatan hasil belajar menggunakan uji n-gain yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 74,02 posttest 80,13 dan nilai n-gain 0,83 dengan kriteria tinggi sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pretest 75,11 posttest 76,44 dan nilai n-gain 0,65 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran self directed learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-06-25