Implementasi Media Permainan Rumah Perkalian dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Numerasi Siswa pada Materi Perkalian di Kelas 3 SD Islam Terpadu X
DOI:
https://doi.org/10.59613/t5pnjd63Keywords:
Rumah Perkalian, Hasil Belajar, NumerasiAbstract
Pembelajaran matematika di SD yang sesuai dengan perkembangan anak SD adalah pembelajaran yang menarik, mudah, dan menyertakan unsur permainan yang menyenangkan bagi anak. Minat dan hasil belajar siswa terus meningkat berkat pembelajaran yang tidak monoton. Dari proses penelitian, peneliti menemukan bahwa minat dan hasil belajar matematika numerasi perkalian siswa kelas III SD Islam Terpadu X sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian, peneliti mencoba memanfaatkan media permainan rumah perkalian untuk mengamati apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian ini menghasilkan peningkatan persentase pencapaian: pada kondisi prasiklus tercatat 25%, pada siklus I meningkat menjadi 46,4%, dan pada siklus II mencapai 82%. Ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media permainan rumah perkalian pada materi operasi hitung matematika perkalian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jajat Sudrajat (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.