Meningkatkan  Minat dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Metode Permainan di Kelas 9A SMPN 7 Kota Kediri

Authors

  • Indra Nur Fad’li PPG PJOK, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia Author
  • Septyaning Lusianti Penjaskesrek, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia Author
  • Muhammad Rofi’Ussya’en Guru PJOK, SMPN 7 Kota Kediri, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59613/f9522f26

Keywords:

Minat belajar, motivasi, senam lantai, metode permainan, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran senam lantai melalui metode permainan di kelas 9A SMPN 7 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode permainan berhasil meningkatkan keterampilan motorik, serta minat dan motivasi siswa. Pada pra-siklus, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 35%, sedangkan setelah penerapan siklus I dan II, ketuntasan meningkat menjadi 52% dan 96% masing-masing. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode permainan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan metode permainan dalam pembelajaran PJOK disarankan sebagai alternatif yang menarik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-22